Saturday, November 24, 2007

HACKER STAGES

Tulisan tentang HACKER STAGES atau "TINGKATAN MASYARAKAT HACKER " ini saya ambil dari suatu forum Hacker oleh: ECHO-STAFF Y3DIPS, The_Day, Comex, z3r0byt3 ,dan aslinya adalah saduran dari HACKER STAGES v1.03 r26MAR2000 dari ElfQrin (www.elfqrin.com)
Saya Posting di sini untuk melengkapi posting saya sebelum ini ,apa itu hacker. sebagai pelengkap bacaan dan ada beberapa bagian dari tulisan asli kedua pihak yang saya modifikasi berdasarkan pendapat saya sendiri.

Pada dasarnya, setiap pelaku TI atau praktisi hacking itu sendiri mendefenisikan konsep 'HACKING' yang berbeda.Tidak tertutup kemungkinan untuk terjadi perbedaan pendapat terhadap konsep yang di makhsud, namun cukup jadikan perbedaan pendapat sebagai sebuah kekayaan pemikiran.

Dalam perjalanan menuju pendewasaan, perubahan pola pikir dan kemampuan teknik, setiap manusia yang memasuki wilayah hacking akan melewati beberapa tingkatan.

TINGKATAN MASYARAKAT HACKER

1. Si Dungu
Saya rasa tidak berlebihan untuk menyebut masyarakat pada tingkatan ini dengan istilah dungu. Mereka hanya memiliki kemampuan teknis komputer yang rendah dan mengenal hacking dari surat kabar, bahwa hacker adalah seorang penjahat elektronik.
Bahkan beberapa diantara mereka juga menulis di surat kabar dalam hal dan konsep yang sama.

2. Lamer
Lamer merupakan sebuah fenomenal awal remaja yang tertarik mempelajari hacking. Mereka mempunyai kemampuan komputer standar dan sedikit lebih banyak mendapat informasi. Makanya sering ada berita anak umur 12-13-14-15, tahun menjadi pelaku hacking dan menjebol suatu situs besar, mereka adalah dari golongan ini karena kemungkinan kebetulan mendapatkan informasi yang di perlukan untuk tindakan hacking-nya .Mereka mencoba mencari petunjuk serangan praktis. Baik dari e-zine maupun melalui diskusi IRC (Chatting). Serangan dilakukan dengan trojan, sebuah remote administration tool yang memberikan akses terhadap mesin yang telah terinfeksi. Lamer juga melakukan benyak hal-hal tidak berguna, seperti tukar-menukar nomor kartu kredit, dan tukar-menukar password website porno komersial. Hacker yang kompeten, atau remaja yang berhasil lolos dari 'seleksi alam' akan melalui masa ini dengan begitu cepat memasuki
wilayah penuh keingintahuan.

3. Wannabe
Wannabe hacker menganggap hacking lebih sebagai philosophy, atau seni kehidupan. Mereka mulai membaca teknik-teknik hacking dasar dan melakukan searching (pencarian) dokumen-dokumen hack yang lebih serius. Wannabe telah menunjukkan antusiasnya dalam hacking dan mulai meninggalkan dunia lamer yang penuh kebodohan.

4. Larva
Perjalanan penuh perjuangan menjadi kupu-kupu. Larva telah disibukkan dengan berbagai pertanyaan bagaimana benda-benda bekerja ? Bagaimana dunia bekerja. Larva adalah step terpenting dalam pembentukan jati diri hacker. Mereka menemukan cara untuk membuat eksploits sendiri. Mencoba melakukan penetrasi sistem tanpa melakukan pengerusakan, karena mereka tahu, pengerusakan sistem adalah cara termudah bagi mereka (sysadmin dan polisi) untuk menangkap jejak sang larva.

5. Hacker
Sebuah keindahan, naluri, karunia tuhan terhadap orang-orang yang berjuang. Akhirnya tingkatan tertinggi dari budaya digital telah dicapai. Sebuah dunia baru menanti. Dunia hacking !!
Sesunguhnya setiap orang tidak akan tau kapan pastinya ia menjadi hacker. Sama halnya dengan anda tidak pernah tau pasti kapan anda tertidur. Hal terpenting adalah terus belajar dan mengembangkan pengetahuan. Saat anda beristirahat sejenak dan mengenang kembali.. anda telah menjadi hacker.

Kemampuan spesial.

Hacker dalam tahap pendewasaannya akan mengalami spesialisasi skil/kemampuan. Mereka akan dikenal sebagai:

1. Wizard
Yaitu seseorang yang memiliki pengetahuan yang begitu banyak terhadap subyek tertentu.

2. Guru
Seseorang yang tau apapun tehadap subyek tertentu. Mereka mengetahui fitur-fitur tak terdokumentasi. Trik-trik pengembangan, dan teknik-teknik mengalahkan keterbatasan - limit -
Hacker sejati mengenal kebodohannya dan terus mengembangkan diri untuk mengatasi semua kebodohannya. Dan dalam perjalanan itu alam mengadakan seleksi, siapakah yang mampu bertahan ?

Semoga bermanfa'at

4 comments:

Please leave your comments or your promotion links, but don't add HTML links into the comment body, because I consider it as a spam, and will be delete..

Thank you for your visit..