Sunday, April 6, 2008

Atasi Autorun

Removable Media sperti FlasDisk/USB Disk sekarang ini sudah umum menjadi yang sangat di minati pengguna komputer karena bentuknya kecil-praktis ,harga cukup murah dan memiliki kapasitas penyimpanan yg sangat memadai sebagai media utk menyimpan dan memindahkan data antar PC...yap jaman disket sudah berlalu.
Tapi se-iring pesatnya perkembangan Removable Media ini ternyata virus-pun dengan pesatnya berkembang dan menyebar melalui Media/jalur Removable Media ini ,boleh di bilang di atas 90% virus sekarang ini berkembang melalui Removable Media karena seperti di ketahui Removable Media ini kan sering berpindah-pindah antar PC satu dg PC lainnya utk keperluan meng-akses atau memindahkan data sehingga sebuah Removable Media yg ter-infeksi virus bisa menularkan ke banyak PC yg pernah di pasangi Removable Media ini. Bila anda lengah meng-update anti virus atau anti virus anda belum mampu men-deteksi varian virus terbaru maka PC anda akan ter-infeksi Virus ini.

Umumnya Virus atau malwatre yang berasal dari Removable Media ini membuat file autorun.inf sebagai teknik penyerangan/penularannya karena default setting system operasi windows memang membaca file autorun ini bila mendapat input dari luar PC.

Untuk mengatasi masalah penyebaran virus dari Removable Media ini anda bisa meng-install software Autorun Eater yg dapat menghapus file autorun.inf bahkan sebelum user meng-akses drive , software Autorun Eater juga memiliki fasilitas back-up jika anda mau me-restore file autorun.inf sewaktu-waktu. Silahkan download Autorun Eater ini di sini.

# Cara manual mengatasi autorun.inf ini yaitu dg menekan tombol Shift ketika Removable Media di pasang atau ketika memasukan CD ke CDROM, penjelasan yg lebih teknis yg berhubungan dg autorun.inf ini sudah beberapa kali sy posting di blog ini.

No comments:

Post a Comment

Please leave your comments or your promotion links, but don't add HTML links into the comment body, because I consider it as a spam, and will be delete..

Thank you for your visit..