Friday, April 13, 2007

Jus Jengkol


System Restore

Sebenarnya saya mau kasih judul tulisan ini "System Restore", tapi sekedar variasi .. kan mungkin belum ada nama file jus-jengkol.html... dari pada di beri judul termehek-mehek

System Restore suatu fasilitas servis dari Windows 2000 dan Xp yang ada di menu user, kalo di menu windows ME, 98, kebawah seingat saya tidak ada..lupa saya sdh lama sih, kalau di windows versi lama itu seingat saya untuk Restore harus dari prompt DOS dengan mengetik "scanreg/restore, tapi saya rasa sekarang sudah jarang sekali yang memakai system operasi versi lama itu jadi kita bicarakan yang ada di Windows 2000-Xp saja.

Fasilitas dari "System Restore" ini sebenarnya sangat berguna sekali, saya sudah sering menggunakannya untuk menangani Troubleshooting program komputer

Tapi kenyataanya banyak pengguna komputer yang kurang memperhatikan dan bahkan belum tau fasilitas ini (padahal ada di menu user..), Contohnya pagi tadi sebelum menulis ini ada salah satu PC di kantor saya yang eror " Printer tidak detect , buka beberapa program tidak bisa " dan ternyata saya menemukan file virus nama file virusnya "patah hati.exe" ,saya kira ini yang mengawali gangguan PC ini, sepertinya ini jenis virus lama W32.Pesin yang mewabah tahun 2003 lalu dan pengguna PC ini lupa meng-update anti virusnya, Lalu saya tanya pada kawan saya pengguna PC tersebut kapan kira-kira terinveksi virusnya, dia jawab kemarin tanggal 13-4-2007,

Lalu saya gerakan mouse klik Start - Programs - Accessories - System Tools - System Restore - muncul tampilan Welcome to System restore - lalu Pilih "Restore my computer to an erlier time - klik Next > ..akan muncul menu select a Restore Point - Klik di salah satu tanggal ,bulan tahun yang kita perkirakan PC masih normal belum eror atau terkena virus, dalam contoh kasus tadi saya klik di tanggal 8-4-2007, karena erornya tanggal 13-4-2007, lalu klik Next ..maka program akan merestore pada tanggal yang kita pilih tadi , tunggu beberapa menit program akan merestart sendiri PC kita...sekitar 5-10 menit biasanya,

Hasilnya... PC kawan tadi normal lagi...seperti semula..tidak perlu di install ulang ya... kata kawan saya.

Semoga Berguna.