Thursday, June 21, 2007

Blog Gratis atau Top Domain?

Saya mampir di Blog Tutorial tempatnya Mas Fatih dan menemukan tulisannya tentang "Blog Gratis atau Top Domain" , saya tertarik untuk mempostingnya di Blog saya ini untuk di baca-baca oleh yang kebetulan mampir di sini dan belum sempat mampir di link asli tulisan ini , inilah pendapatnya tentang Blog Gratis dan Top Domain.....
Bagaimana pendapat anda....



Di copy paste dari http://afatih.wordpress.com/2007/09/08/blog-gratis-atau-top-domain/

Blog Gratis atau Top Domain?

Ketika pertama kali timbul hasrat untuk ngeblog atau mungkin setelah sekian lama punya blog di blog gratis (subdomain) seperti blogger.com (blogspot.com), wordpress.com, blogsome.com dll, mungkin sedikit terpikir di hati Anda untuk memiliki blog top domain dg domain dan hosting sendiri dg namakeren.com, namakeren.org, namakeren.net.

Pertanyaannya, seberapa perlukah blog top domain? Sebelum Anda mengambil keputusan, ada baiknya mempertimbangkan poin-poin berikut dari sisi positif dan negatifnya:

Memakai top domain itu baik apabila:
1. Anda memang senang buang waktu dan energi untuk otak atik blog dan html/javascript.
2. Anda seorang pelajar IT (informatika), jadi blog top domain dipakai sebagai semacam laboratiorium (lab) untuk praktek keilmuan yg digeluti.
3. Blog Anda bukan personal, alias komersil. Contoh, blog lowongan kerja, lowongan beasiswa, info gadget (camera digital, handphone, laptop, plugins wordpress, dll).

Blog top domain itu kurang dianjurkan/kurang positif apabila:

1. Sekedar buat keren-kerenan (ini alasan paling bodoh).
2. Anda ingin fokus pada content (isi) blog, bukan pada tampilan.
3. Anda kurang menguasai tetek bengek wordpress dan plugins-nya (software blog yg paling banyak dipakai blog top domain).
4. Anda ingin tulisan refleksi Anda abadi, tidak hanya selama Anda hidup, tapi juga dibaca anak cucu Anda kelak. Keinginan ini sulit dg blog top domain yg pembayarannya mesti diperbarui terus-menerus. Nah, kalau Anda sudah meninggal, siapa yg akan ngurus?

Alternatifnya, apabila Anda tetap bersikeras ingin punya alamat blog yg "gagah" alias top domain untuk buat pamer di kartu nama, tapi juga ingin kandungan blog Anda abadi seperti di blogspot/blogger, maka silahkan beli domain saja tanpa hosting dan redirect-kan ke blog blogspot Anda. Keuntungannya lagi, membeli domain saja (tanpa hosting) itu harganya sangat murah dan bisa sekaligus beli untuk waktu 7 (tujuh) tahun. Contohnya seperti Blogger Indonesia yg bisa diakses di afsyuhud.blogspot.com (alamat asli) dan juga melalui redirect www.fatihsyuhud.com (alamat domain ini disewa untuk masa 7 tahun, dan seandainya mati tidak masalah, karena alamat utama yakni di blogspot akan tetap hidup).

salam ngeblog,

Semoga bermanfaat.