Thursday, January 31, 2008

RAM


"sy baru beli DDR II 512 mb, saat di gbng dengan DDR II 256 mb bawaan PC terjadi error saat install Windows XP... , ada pesan ttg ram tsb,mohon bantuannya, nih. padahal Ram keduanya terbaca. Awalnya jalan, namun dpt 1 mg tiba2 si com restart sendiri, begitu seterusnya".
.....Di atas adalah pertanyaan seorang rekan blogger di SB blog ini kita akan bahas masalah ini.
Untuk masalah rekan diatas karena penjelasannya kurang spesifik maka kemungkinanya adalah:
1.Mungkin memang RAM-nya yg rusak atau kress , karena RAM tsb adalah hasil overclock atau memang product cap DODOL alias bukan product dari Vendor-vendor yang sudah di akui kualitasnya misalnya :Visipro, Vigen, Apacher ,Kingstone...etc. Masalah product hardware bajakan atau cap DODOl ini tahun 2007 kemarin terbongkar sindikatnya di Jakarta. mereka memalsukan atau memanipulasi beberapa tipe Mainboard ECS, ASUS, dan beberapa merk RAM.

2.Mainboard-nya yang cap DODOL atau tidak suport mendapat input 2 keping RAM yg kemungkinan beda MERK dan SPEED nya, maksud saya mungkin RAM yang satu merek Visipro dan yg satu merek PISANG, yang satu PC-4200 yang lain PC-5300. karena dari jaman belum ada Processor Pentium masalah perbedaan Merek dan Speed ini sering tidak mendapat suport dari beberapa Merk Mainboard pula. Sering terjadi 2 RAM beda Merek atau Speed di pasang di Mainboard type A bisa dan di pasang di type lain tidak bisa.

3.RAM yang orisinil generasi sekarang memiliki Ram Lifetime Warranty (garansi seumur hidup), jadi untuk masalah rekan ini jika memang kira-kira meragukan coba di tukar saja dengan yang baru atau yang lebih baik kualitasnya ,mungkin juga bisa tukar-tambah. Kalau toko mengatakan tidak ada garansi atau tidak bisa ditukar berarti memang RAM tsb cap DODOL ,bisa palsu ,bisa hasil overclock, bisa hasil produksi dari perusahaan yg tidak jelas.


RAM = Random Acces Memory.
Macam-macam RAM yang pernah saya pakai dan temui sesuai perkembanganya dari SIMRAM-EDORAM-SDRAM- RDRAM-DDRRAM ,pernah juga ada RAMBUS RAM yaitu salah satu type Memory yang dipakai jaman Pentium 4 generasi Pertama (soket 423)tapi sekarang sudah tidak produksi lagi karena kalah bersaing dengan DDR RAM .

Oke kita bahas masalah teknis DDR ini karena DDR ini sepertinya yang banyak di pakai user.
DDR = Dual Data Rate ,Artinya RAM jenis ini mampu meng-akses 2 buah data dan di eksekusi secara bersamaan. ini kinerja yang tidak di miliki oleh RAM generasi sebelumnya SDRAM dan lainnya. jadi secara teori DDR ini 2x lebih cepat cara kerjanya di banding RAM generasi sebelumnya.

Apa artinya speed yg tercantum di RAM spt :PC-4200,PC-5300,PC-6400 ..?
Itu artinya semakin tinggi angka-nya semakin cepat secara teori.

Kalau memory SDRAM ada 2 speed PC-100 dan PC-133.
Kalau DDR 1 ada 3 speed :PC-2100,PC-2700, PC-3200
Kalau DDR 2 ada 3 speed juga: PC-4200,PC-5300,PC-6400 , jika anda menemui speed DDR 2 di atas PC-6400 berarti speed RAM tersebut hasil Overclock dari PC-6400 , caranya di setting timing-nya Mainboard, bisa juga dengan alat external lainnya.
Kalau DDR 3 mulai dari PC-6400 sampai PC-16000, Saya belum pernah beli ...muuahaal banget harganya 2 kali lipat lebih dari harga DDR2 dengan kapasitas yang sama . tapi wajar karena memang saya lihat DDR3ini memiliki Clock ratenya jauh lebih tinggi dari DDR2 yang hanya 400 - 1066MHz.. clock rate DDR3 itu 800 - 1600MHz.

RAM DDR ini bekerja di jalur 8 bit data.
Contoh:
DDR2 PC-4200 bisa di sebut DDR2 533 Mhz... dengan asal-usul rumus 266 (Clock) X 8 (Jalur bit) X 2 (bekerja 2 kali/dual) =4256 (dibulatkan menjadi 4200).Jadi memory tersebut berjalan dengan Speed 266 Mhz perkanal atau 533 Mhz perdua kanal.
Begitu juga untuk DDR 2 PC-5300 bisa di sebut DDR2 667 Mhz,..dan DDR2 PC-6400 BISA DI SEBUT DDR2 800 Mhz, dengan perhitungan rumus yang sama.

Contoh lagi: untuk DDR1 PC-3200: 3200:8:2 = 200 mhz/kanal dan 400 Mhz/2 kanal atau disebut DDR 400...dang dengan perhitungan ini pula DDR1 PC-2700 bisa di sebut DDR1 33Mhz dan DDR1 PC-2100 bisa di sebut DDR1 266 Mhz
jadi semakin Cepat Memory bekerja makin Cepat Pula data yang diantar ke Prosesor.
Nah disini lah Fungsi Mhz tsb pada tulisan PC-4200,PC-5300,PC-6400 .

Kenapa saya membahas rumus berhitung itu? yaitu untuk memberi gambaran bahwa kesamaan Speed dalam perkeping RAM bila di satukan dalam 1 PC adalah penting karena bepengaruh pada performance kerja CPU yang efeknya akan mengurangi gangguan pada semua system di PC.

Jika anda memasang 2 Memory yang berlainan kecepatan nya misal DDR1 PC-3200 256 Mb dengan DDR1 PC-2700 256 Mb,Maka kapasitas tetap terbaca 512 Mb tetapi Clock bekerja Memory akan mengikuti speed clock yang terendah dalam contoh ini adalah PC-2700. dan hal ini berlaku untuk semua jenis dan kecepatan memory.

NOTE :
Mainboard generasi sekarang (yang orisinil) tidak bermasalah alias sudah men-suport masalah perbedaan merk dan kapasitas RAM (yang orisinil)...ciri-ciri DDR1 dan DDR2 cap DODOL biasanya selain Merek yang tidak di kenal juga hanya memiliki 4 IC Chipset, dan bentuknya agak tipis, sedangkan DDR yang bagus memiliki minimal memiliki 8 IC Chipset.
Jadi permasalahan di memory RAM ini intinya ada 2 hal yaitu: Masalah kualitas memory itu sendiri / orisinil atau cap Dodol dan Masalah sinkronisasi dengan Mainboard/suport atau tidak.
--------Semoga membantu------

13 comments:

  1. gila penjelasannya tingkat tinggi bgt, sampai gak bisa koment rasanya..sukses selalu buat suhu :)

    ReplyDelete
  2. Dua suhu saling bilang suhu... siapa suhu siapa...? he he... coba aja install vista pasti nggak trouble he he .. ini baru pake login blogger dirumah sih...

    ReplyDelete
  3. cappucino for you oom..hehehe...aku percaya sama yg di bilang Lilik. kalo di install vista pasti semua masalah selesai..

    ReplyDelete
  4. thank atas penjelasannya..., barusan aku tukar memory tersebut dengan yang baru sebab masih garansi. Terima kasih atas pengetahuan yang diberikan dan akan menjadi referensi buat saya. Dan jangan bosan-bosan kalau saya terus memburu dan membidik anda untuk saya jadikan acuan..he..he..

    ReplyDelete
  5. Iya Mas Nataludin...RAM yg kress sebaiknya nggak usah di pasang apalagi kalo bikin PC restart terus...wah bisa2 Hardisk iku jebol/bad sector...

    ReplyDelete
  6. Hayatta hiçbir zaman kaybedilmemesi gereken üç şey Barış, umut ve dürüstlük. İyi pazarlar dilerim…

    ReplyDelete
  7. yasemin ,..kowe ngomong opo, aku ora ngerti...hohohohoho

    ReplyDelete
  8. Numpang nimbrung neh...
    Memang benar scara teori perbedaan kecepatan memori dan merk RAM tidaklah masalah. Tapi pada pada aktualnya hal itu sering menjadi kendala untuk motherboard atau sistem secara keseluruhan. Sebenarnya hal tersebut lebih dipengaruhi karakteristik chip memori yang berbeda (cas latency, speed n stabilitas chip).

    ReplyDelete
  9. Yoo..Mas Yuniarto, lebih tepatnya gitu.

    ReplyDelete
  10. wow, penjelasannya bagus banget
    ngerti aku sekarang tentang ram
    tapi koq ram sebelum ddr nggak dibahas secara detail yak??

    ReplyDelete
  11. bos.. nanya bos..

    kalo gw ada ram 256 ddr1 merek visipro.. terus mao nambah ddr 1 256 juga tp merek vgen..
    ok ga tuh bos?

    ReplyDelete
  12. @ujang
    vgen dan visipro , mert pengalamanku cocok,karena keduanya ram yg bagus, jadi oke utk di gabung

    ReplyDelete
  13. cuman bis bilang makasih and thank alot he@ klo ada info baru email ke adex@gmail.com zho mass please sukses buat rekan rekan semua wass...

    ReplyDelete

Please leave your comments or your promotion links, but don't add HTML links into the comment body, because I consider it as a spam, and will be delete..

Thank you for your visit..