Wednesday, January 23, 2008

SPAM ADALAH

Spam (bahasa formalnya Junk Mail) adalah pengiriman surat atau pesan atau sekedar link kepada email/comments area/shouthBox /forum milik orang lain atau di tempat APAPUN NAMA-NYA dalam wilayah Web yang ter-otorisasi pihak lain yang tidak dikenal dan tidak di kehendaki penerimanya karena alasan tidak etis atau tidak pantas atau berpotensi MERUGIKAN, yang biasanya berisi iklan atau promosi produk atau berisi APAPUN NAMA-NYA yang mempunyai potensi MERUGIKAN pihak lain.
dan biasanya di lakukan secara tidak bertanggung jawab/tidak jelas pengirimnya/tidak bisa di konfirmasi...kirim terus ngumpet atau kirim dengan identitas yang di sembunyikan.
Bahkan sebagai contoh kasus, Blog saya ini misalnya yang milik atau berada dalam wilayah otorisasi blogger.com dan GOOGLE: misalnya memuat konten atau link atau sekedar beberapa baris kata/karakter/script tertentu bisa di angap spam oleh robot google atau blogger.com karena di anggap blog kita memuat sesuatu yang bisa merugikan atau membahayakan pihak mereka. dan hal ini sudah sering terjadi dan di alami rekan-rekan kita ,ada yang blognya di lock sehingga tidak bisa posting dan bahkan ada yang databasenya di hapus, bahkan bloggernya sendiri tidak mengerti kenapa blognya di anggap mengandung spam oleh pihak blogger.com atau google.
Antara Spam ,Scam,Phishing
- Scam adalah:
berita-informasi di internet
yang menipu/penipuan,Contoh scam yang sering kita jumpai adalah surat berantai, pengumuman lotere, pinjaman uang tanpa agunan, cara cepat menjadi kaya, dan lain lain. Dalam hal ini akibat dari berita scam ini bagi penerimanya akan lebih serius, jika dibandingkan dengan spam.Dalam bahasa Inggris, scam ini diartikan juga sebagai confidence trick or confidence game, sehingga pada awalnya penerima berita merasa yakin dan tidak mencurigai bahwa hal ini merupakan bentuk penipuan.

- Phishing adalah:
Dalam komputer, istilah bahasa Inggris phishing adalah suatu bentuk penipuan yang dicirikan dengan percobaan untuk mendapatkan informasi sensitif, seperti kata sandi dan kartu kredit, dengan menyamar sebagai orang atau bisnis yang terpercaya dalam sebuah komunikasi elektronik resmi, seperti e-mail atau pesan instan. Istilah ini muncul dari kata bahasa Inggris fishing ('memancing'), dalam hal ini berarti memancing informasi keuangan dan kata sandi pengguna.
Duplikat halaman log-in Yahoo! di website Geocities
Duplikat halaman log-in Yahoo! di website Geocities
Dengan banyaknya kasus phishing yang dilaporkan, metode tambahan atau perlindungan sangat dibutuhkan. Upaya-upaya itu termasuk legislasi, pelatihan pengguna, dan langkah-langkah teknis.

Lebih lanjut masalah spam di bawah ini pendapat dari http://www.master.web.id:
"Spam sebuah masalah yang serius. Kalau tidak serius, kenapa setiap hari orang perlu mengeluh kepada ISP/webhost, kenapa orang mesti ribut-ribut di milis, di forum-forum publik seperti Slashdot, dan bahkan di kalangan pemerintah—setidaknya di negara-negara bagian di AS dan Eropa?
Di lain pihak, spam adalah sebuah masalah yang multidimensional. Sebagai masalah teknis, spammer menyalahgunakan/menghabiskan resource jaringan. Komunitas milis Spam Brigade menjuluki spam sebagai “the biggest waste of bandwidth on the Internet and Usenet.” Betapa tidak, banyak uang terkuras setiap harinya karena bandwidth yang diperlukan untuk mengirimkan jutaan email spam. Padahal mayoritas email tersebut pada akhirnya akan dibounce atau langsung dihapus. Bukan itu saja, setiap spam yang diterima memakan waktu dan tenaga si penerimanya untuk membaca, menyortir, menghapus, berusaha menolak di kemudian hari. Spam pun bisa memenuhi mailbox, mengakibatkan mailserver sibuk, dan memperlambat layanan lainnya. Sebagai masalah bisnis, kegiatan spammer perlu dilawan karena banyak yang mempraktikkan penipuan. Dan terakhir, seperti ditekankan oleh narasumber P. Y. Adi Prasaja, spam juga sebuah masalah sosial: tindakan sebagian orang yang seenaknya menyalahgunakan sebuah fasilitas publik seperti Internet. Padahal agar fasilitas berjalan lancar diperlukan kerjasama dan sikap saling menjaga dari semua penggunanya."

TIPS MEMPROMOSIKAN PRODUCT UNTUK WEBMASTER / BLOGGER SUPAYA TIDAK DI ANGGAP SPAM.
"Misalnya saya punya bisnis baru jualan DODOL ,lalu saya buat artikel promosinya di http://dodol.blogspot.com :
1. Bisa lewat milis bisnis, kan banyak sekali tuh milis bisnis punya yahoo misalnya.
2. Bisa di sampaikan baik lewat SB, Comments, forum dari Web yang sesuai dengan product kita, dengan bahasa yang enak dan baik, kalau tidak dengan bahasa yang baik bisa terkesan meng-intimidasi dan bisa di anggap Spam juga oleh Author.
3. Bisa juga lewat komentar di blog tutorial misalnya. dengan cara memberi sekedar komentar pada artikel yang bersangkutan dan link-nya kita arahkan ke blog promosi tadi. kan jadi memberi kesan perkenalan yang bersahabat ,barangkali setelah mengunjungi link yang kita berikan terus tertarik dengan product kita. atau lewat ShouthBox dengan cara yang sama seperti tadi.

SEKILAS INFO LAGI TENTANG BLOG INI
Saya membuat blog ini dengan visi dan misi utama berbagi informasi, sharing dan komunikasi seputar masalah komputer, internet dan hal-hal lain yang berhubungan, jadi yang menjadi acuan posting adalah informasi yang saya harap memberi manfa'at semaksimal mungkin (INFO-TUTORIAL-SHARING), sebagai timbal-balik dari saya yang hidup dan mencari makan dari dunia IT, jadi tidak mengacu pada kompetisi tentang komposisi menulis yang baik atau gaya ngeblog yang baik atau isi tulisan yang baik berdasarkan standarisasi pihak tertentu ,Tidak pernah berpikir untuk berlomba dan cari hadiah .kalau buat selingan cari uang ya Adsense atau TLA atau kumpulblogger tuh misalnya, yaitu dg memanfaatkan space dan waktu OL tanpa mengganggu hal lain atau iseng-iseng berhadiah.
Kalau saya mau berkompetisi dan cari hadiah sekalian saja bikin Web Site yang bener pakai PHP-Nuke template yang keren itu lalu saya undang penulis-penulis beneran yang saya kenal seperti Mas Hendro Darsono untuk bikin artikel yang bagus nanti kalau menang hadiahnya bagi 2 ya Mas ..hehehe...toh biaya internet saya 1 bulan lebih dari cukup untuk beli domain + hosting selama 1 tahun.

Dah capek tanganku nulis ...Salam ngeblog aja teman-teman!

23 comments:

  1. Saya suka dengan gaya penulisan di Free-7... lugas, tegas, idealis dan yang penting informatif. Sebagai manusia kita memang harus sharing dengan yang lain agar pengetahuan kita bertambah...

    Saya sebetulnya punya blog yang menulis pikiran idealis saya, tapi dengan nama samaran takut ketauan maunya "ssstt ini rahasia"

    ReplyDelete
  2. hehehe lilik kok pake rahasia segala ada apa tuh isinya :))

    ini penulis blog memang bener2 tau segalanya, kamu makan buku dan kode tiap hari ya wan hehhehe just kidding friend :)

    ReplyDelete
  3. To Lilik :
    Iya, sharing adalah aktivitas manusiawi kita sejak bayi dan setelah dewasa banyak yg keblinger, BTW kamu habis kasih pujian yg bikin PC ku hang, lalu kasih rahasia...jadi pengen bobo aku, nanti aku tanya sama GHDB lho rahasiamu itu ..kekekeke...

    To Oom:
    Yang ini nih si Coder Maniac...habis ngasih pujian terus nyuruh aku makan buku +kode....ooi sesama tukan becak jangan saling nyerempet ya...wakakaka..

    ReplyDelete
  4. Baru kemarin sebal sama si Donny tukang SPAM, eeehh ternyata langsung ditindaklanjutin, bahwa yang namanya Free7, benci dengan SPAM, heheheu...

    SPAM dimana2 slalu menganggu, males jg nge -deletenya....

    Gak marah lagi gak???

    OOT: Gak doyan capucinno :D

    ReplyDelete
  5. SPAM IS HARAM.

    bukan begitu y om ??

    ReplyDelete
  6. Bicara soal Spam, saya mau tanya kalau ngelink postingan orang termasuk Spam juga nggak? soalnya saya baru nge-link postingan free-7 diblog-ku... sekalian ijin

    ReplyDelete
  7. To: Cempluk
    ya,setuju karena Spam adalah tindakan yg merugikan org lain ,apalagi skrg ini Spam identik dg penipuan.

    To:Godot bin gogol
    Kalo masalah ngelink postingan org sih buat sy tak masalah ijin atau tidak arena banyak kok memang yg gt, tapi buat org lain mungkin bisa sakit hati jika tulisan-nya yg di buat dg susah-payah di copy-paste gt aja tanpa ijin.
    Jadi masalah itu bukan spam tapi menyangkut etika menulis/ngeblog.

    To Kiki...kiko
    Coca-coala for you...hehe

    ReplyDelete
  8. Iko juga gak minum cocal cola, pokoknya yang berbau-bau Soda.. itu gak boleh. Gimana kalo diganti teh manis hangat,... :D

    ReplyDelete
  9. Asyikkkkkkkkkk.....Horeeeeeeeeeee... dapet info SPAM disini..Mas Iwan keern deh...

    Yuu huu..Jovie add link ini akh ke post yang kemaren ituhh...

    keren abizz pokoknya..
    mo baca lagi sempai selesai Bung...

    Merdeka..!! Merdeka atau mati?? Dead or Alive?!

    ReplyDelete
  10. kalo denger kata SPAM jadi inget sama tetangga saya S.PAM singkatan dari SuPArMan..hehe

    ReplyDelete
  11. thanks jo...salam sama tetanggamu itu deh :D

    ReplyDelete
  12. apakah formulabisnis.com merupakan slah satu contoh "SCAM"
    thanks

    ReplyDelete
  13. @ Anonymous
    pola/cara kerjanya iya, seperti scam, karena tidak transparan, spt jualan kucing dalam karung . di dunia internet, semua jenis bisnis yang tidak real di anggap jenis scam . contoh bisnis yg real spt: google adsense, kliksaya.com ,amazone...etc, yg mana konsep kerjanya jelas/terbuka, dan tanpa iming2 yg berlebihan.

    ReplyDelete
  14. maturnuwun bozz infone. baru kenal internet ni..

    ReplyDelete
  15. Apakah orang memgirim spam ke artikel tandanya orang itu tidak menyukai artikel itu?

    ReplyDelete
  16. ooh gt yah.....thanx ya bro atas info nya....

    ReplyDelete
  17. Spam. hehehe, sumpah baru hari ini tahu artinya. hehe. Tks.

    ReplyDelete
  18. SPAM memang membuat geleng-geleng mas..
    dan membuat kotak komentar jadi gak enak dilihat, karena yang menulis tidak sesuai dengan isi artikel yang ada.

    ReplyDelete
  19. apakah meninggalkan link dalam komen bisa disebut spam

    ReplyDelete
  20. wooooo . gitu to, trim saya sangat terbatu dng informsi tersebut ....

    ReplyDelete
  21. Informasi ini sangat membantu say sbg pemula user intrnet. trim ...

    ReplyDelete
  22. akhirnya ngerti juga saya..thanx mas..salam kenal

    ReplyDelete
  23. jd gitu y kk, kalo comment jgn sembarangan hehe :)
    jgn lupa kk, blogny uda ak follow jadi follback k aku yah :) | Musicandnews klik saya untuk menuju blog sy

    ReplyDelete

Please leave your comments or your promotion links, but don't add HTML links into the comment body, because I consider it as a spam, and will be delete..

Thank you for your visit..