Ini Tips dari Komisi perdagangan Amerika (FTC) yang telah di publikasikan bagi konsumen yang berbelanja online :
- Carilah kebijakan privacy situs tersebut. Perusahaan tersebut harus memberitahukan konsumen informasi apa yang dikumpulkan, bagaimana menggunakannya dan apakah akan menjual atau memberikan informasi tersebut kepada yang lain.
- Simpanlah informasi pribadi anda. Hanya diberikan bila anda tahu siapa yang mengumpulkannya, mengapa dan bagaimana akan digunakan.
- Rahasiakan password anda.
- Bayarlah dengan credit card. Jika anda tidak mendapatkan barangnya, jangan bayar tagihan credit card tersebut.
- Periksalah kebijakan pengiriman dan pengembalian perusahaan tersebut.
- Yakinkan bahwa transaksi pada situs tersebut aman (secure) sebelum anda melakukan pembelian
- Carilah kebijakan privacy situs tersebut. Perusahaan tersebut harus memberitahukan konsumen informasi apa yang dikumpulkan, bagaimana menggunakannya dan apakah akan menjual atau memberikan informasi tersebut kepada yang lain.
- Simpanlah informasi pribadi anda. Hanya diberikan bila anda tahu siapa yang mengumpulkannya, mengapa dan bagaimana akan digunakan.
- Rahasiakan password anda.
- Bayarlah dengan credit card. Jika anda tidak mendapatkan barangnya, jangan bayar tagihan credit card tersebut.
- Periksalah kebijakan pengiriman dan pengembalian perusahaan tersebut.
- Yakinkan bahwa transaksi pada situs tersebut aman (secure) sebelum anda melakukan pembelian
Better Bussiness Bureaus (www.bbb.org) adalah organisasi non profit yang melayani kepentingan masyarakat dengan mempromosikan praktek bisnis yang etis dalam perdagangan. Mereka menerbitkan tips bagi belanja online :
- Jika anda melakukan surfing di internet, anda mungkin akan merasa akrab dengan istilah toko digital (digital stores) dan mall online (online malls). Ribuan konsumen sekarang menggunakan kemudahan untuk berbelanja di rumah sendiri melalui komputer. Anda dapat membeli apa saja, baju, komputer, CD, anda tinggal menyebutkan !! Mall yang penuh sesak, antrian panjang dan susah mendapatkan parkir akan menjadi kenangan. Kelihatannya hebat? Memang ya !!
Biro usaha yang lebih baik (BBB) bersama - sama dengan Komisi Perdagangan Federal (FTC), memberikan tips berikut ini untuk memastikan bahwa pengalaman belanja online anda akan memuaskan.
- Jika anda tertarik untuk mencoba pedagang yang baru, yang mana anda tidak kenal, tanyalah pedagang tersebut lokasi fisiknya (Alamat dan No. Telepon) sehingga anda bisa memeriksa reabilitasnya pada organisasi luar seperti BBB atau yayasan perlindungan konsumen lainnya.
- Periksalah kebijaksanaan perusahaan terhadap pengembalian uang dan barang sebelum anda melakukan barang.
- Jangan pernah memberikan password anda. Ketika membuat password, hindarkan penggunaan nomor yang sudah ada seperti nomor rumah anda, tanggal lahir atau No. Telepon atau No. KTP. Jika situs tersebut meminta anda membuat suatu rekening dengan password, jangan gunakan password yang sama untuk rekening atau situs yang lain.
- Berhati - hatilah bila diminta memberikan informasi pribadi, seperti No. KTP atau No. Rekening bank pribadi anda utk melakukan transaksi. Informasi pribadi jarang diperlukan dan seharusnya anda mawas diri.
- Periksa perusahaan tersebut dengan Biro Usaha yang lebih baik di kota anda. Untuk No.Telepon atau alamat dari BBB terdekat anda, kunjungi situs BBB pada http://www.bbb.org. Kantor BBB di Boston dan kota New York menyediakan laporan realibitas bisnis secara online.
- Berikan perhatian pada "Alamat" dari situs - Uniform Resource Locator (URL) nya. URL tsb memastikan anda berhubungan dengan perusahaan yang sebenarnya. Merupakan kebiasaan yang baik untuk mencetak order anda dan nomor konfirmasinya ke printer sebagai catatan anda.
- Ketahuilah hak - hak anda. Hukum yang melindungi anda bila anda berbelanja menggunakan telepon atau mail order juga akan melindungi anda bila berbelanja di Internet. Menurut peraturan tersebut, perusahaan harus mengirimkan order anda dalam waktu yang sama dengan waktu yang tertera di iklan. Jika tidak ada waktu yang dijanjikan, perusahaan harus mengirimkan order anda dalam waktu 30 hari setelah menerimanya atau memberikan anda suatu 'pemberitahuan pilihan'
- Jika anda memutuskan untuk membayar menggunakan kartu kredit atau kartu debet, transaksi anda akan dilindungi oleh Fair Credit Billing Act (Hukum Penagihan Kredit yang fair), jika anda tidak merasa nyaman untuk memberikan No. Kartu Kredit atau Kartu Debet secara online. Kirimlah nomor tersebut melalui telepon atau fax perusahaan tersebut.
- Untuk mendapatkan nasehat tambahan atau tips lainnya agar dapat melakukan pembelian yang bijaksana online maupun offline, kunjungi situs BBB (www.bbb.org) & situs FTC (www.ftv.gov).
akhirnya PERTAMAX jg.... setelah menunggu sekian lama.
ReplyDeleteMau ngasih comment apa ya, bingung. Boro2 make credit card, belanja aja gw masih yang ketengan.
*malu*
mantap nih suhu..lagi sibuk aja postingannya kaya gini gimana kalo lagi santai :). thanks wan pasti om pejari bener tips ini. sukses selalu sobat.
ReplyDeleteTip-tip yang menarik dan bermanfaat. Semoga saja kita semua bisa lebih aman dalam melakukan transaksi secara online.
ReplyDeleteWah,info yang sangat membantu sekali ....
ReplyDelete