Tuesday, April 8, 2008

Memaksimalkan kecepatan windows pada PC lama


Jam 10 malam lagi ngopi di teras rumah sambil cari inspirasi buat memaksimalkan mesin uang online ,tiba2 tetangga tercinta datang "Mas, ma'af mengganggu PC sy tiba2 mati total padahal lg banyak kerjaan kantor yg mau sy ketik, bisa minta tolong di periksa nggak, soalnya penting nih harus selesai malam ini." , saya jawab " ..nggak apa2 pak, sy jg lagi santai kok, bawa sini aja CPU nya supaya gampang ngetesnya ...".

Dan ternyata ,weleh..weleh.. PC tetangga ini masih Pentium 2, dan setelah sy utak-atik bbrp saat kesimpulannya Mainboardnya MODAR... dan dr pd repot2 saya tawarkan aja utk mengganti mainboard tsb karena kebetulan saya meng-koleksi Mainboard2 lama (pent 3 kebawah ) yg sy gantung deket dapur...kenapa sy gantung deket dapur maksud sy tuh belakang Mainboard yg penuh tonjolan kaki2 komponen kan bisa juga buat MEMARUT KELAPA...

Akhirnya tetangga tsb setuju karena sy kasih harga tetangga jg (se-rela-nya...krn mksd sy emg cm membantu). dan setelah sy pasang dan install ulang Win xp nya lalu sy setting konfigurasi windowsnya spy kecepatan-nya maksimal nggak kalah dg kecepatan pent 4 , cara-nya spt yg sdh bbrp kali sy bahas di blog ini misalnya di link ini, tapi karena ini jenis komputer lama RAM-nya pun cuma 96 MB Hardisk 2,1 GB (pas-pasan bgt ya..) maka saya tambahkan string2 berikut di bawah ini utk memaksimalkan kecepatan PC tsb:
1. Klik-->Start-->Run-->ketik system.ini --> Enter, setelah masuk jendela System.ini di bawah [386enh] tambahkan string berikut : ConservativeSwapFileUsage=1 , di mana setting ini akan memerintah windows utk tdk menggunakan swapfile sama sekali sehingga semua RAM habis terpakai, baru setelah RAM habis system akan memindahkan data yg paling jarang di pakai ke swapfile ini.
2. Lalu masih di dalam [386enh] tambahkan jg string berikut :DMABufferSize=64 , parameter ini akan meminta system utk menyisakan Buffer di system memory utk DMA.
3. Masih di dalam [386enh] masukan string berikut : Tag LocalLoadHigh=1 (antara Tag dan LocalLoadHigh memakai spasi), dimana parameter ini akan meminta system utk me-load local driver-nyake Upper memory secara otomatis seperti halnya berusaha memasukan-nya ke Conventional Memory.

Setelah selesai tetangga itu pun pulang dan selain terimakasih juga mengatakan "kok lebih cepet dari PC di kantor saya yg pentium 4 ya Mas...", lalu sy jawab " kalo gitu PC Pent 4 bapak yg di kantor itu bawa sini aja nati saya tuker dg pent 2 yg cepet kaya gini...hehehe.."

NOTE: Masalah memaksimalkan kecepatan PC dari jaman dulu ketika sy masih pake PC intel 286(sekitartahun 1993) dan di system operasi apapun (windows, linux ,mac) menurut pengalaman saya, faktor lebih tepatnya adalah Sinkronisasi atau efisiensi dalam hal interkoneksi Hardware dan software yg terpasang pd PC ,atau dg bahasa simple-nya me-non-aktifkan/membuang fungsi-fungsi yg tidak perlu termasuk me-non-aktifkan port-port yg tdk di gunakan pada setting BIOS dan membuat partisi Hardisk sekecil mungkin utk partisi system operasi sesuai kebutuhan aplikasi yg akan di install (system akan lebih cepat membaca partisi 5 GB di banding partisi 40 GB...masuk akal kan..?) juga mengarahkan memory pada fungsi-fungsi pokok program yg di pakai pengguna PC . Kalau di katakan utk meningkatkan kecepatan adalah dg cara menambah kapasitas memory RAM atau Prosessor, itu sih anak TK pun tau dan hal ini masih relatif sifatnya alias tergantung pada konfigurasi pd PC juga akhirnya.

Semoga bermanfa'at.


9 comments:

  1. Sama seperti komputer Iko di rumah, masih pentium II... meski sudah di upgrade ke XP, kadang kala masih sering lemot.... apa harus diganti juga yaaa hard disknya?

    ReplyDelete
  2. Koleksi MB lama atau persediaan buat dijual nich he he .....
    Mesin dollar-nya bekerja maksimal kayaknya .. :)

    ReplyDelete
  3. Iko...repot amat beli aja pent 4 baru...tuh di ITC kuningan dr tpt kerja km kan deket mumpung km blm merit nt klo dah merit bs nggak leluasa lagi mau beli PC...hihihi , nggak nyambung ya Ko.

    Lilik MB lama kalo di jual jg nggak ada harganya ,nggak sesuai gd nilai history nya...hehehe , kalo aku bayangin sambel pete emang tambah semangat mikirin mesin dollar-nya :D

    ReplyDelete
  4. pentium 2??? apa gak luambbatt tuh mas? meski di instal windw xp?

    btw, kalo bln mei kita ketemuan, sekalian benerin komku ya mas,he..he...

    ReplyDelete
  5. Dian, pent 2 tuh dah canggih...tahun 60-70 an komputer purba sudah buat mengendalikan satelit2 militer n domestik di USA n Rusia n buat server jaringan besar..jd tergantung yg memakai siapa kan..weks.
    bulan mei oke aku usahakan , ku tunggu di hotel indonesia kamar 007 ya...hihihi

    ReplyDelete
  6. Duh mas Iwan nyindir nih...

    Belum mau maried koq mas, yang kmrn blm mendapat restu dari mama :D hehehe... Jadi gagal lagi.

    Kalo mau beli baru, uangnya belum cukup mas... mesti nabung dulu. Untuk sekarang, sudah cukup terbantu dengan komputer di rumah.

    ReplyDelete
  7. cuma orang orang yang berpengalaman saya yang mempunyai kemampuan overclock..yah suhu kita yang satu ini orangnya...sukses selalu suhu :)

    ReplyDelete
  8. Di Indonesia masih banyak yang memerlukan info ini. PC lama banyak disini. He 3 X. Henny

    ReplyDelete
  9. Mantap Mas ...
    waduh kalo di baca sama client toko sebelah gak bisa-bisa gak jadi nambah ram untuk beberapa saat dulu nich :) he hehe

    ReplyDelete

Please leave your comments or your promotion links, but don't add HTML links into the comment body, because I consider it as a spam, and will be delete..

Thank you for your visit..