Saturday, April 28, 2007

Mempermudah Pencarian di Google

Beberapa bulan yang lalu saya pernah membuat blog yang berisi dokumentasi saya ketika online dan sampai sekarang sudah tidak ter-urus lagi dan nama blog serta url-nya pun saya agak lupa, dan kemarin saya sedang memerlukan suatu data sebuah photo yang seingat saya saya simpan di blog itu, dan dengan tips ringan yang akan saya informasikan ini saya bisa menemukan kembali blog saya itu, dan saya bisa mendapatkan data yang saya perlukan, ter-inspirasi dari hal itu maka saya tulis info ini, dan semoga ada manfaatnya untuk anda.

Cara kerja mesin pencari google adalah menggunakan logika Bolean : AND ,OR,NOT,NEAR, Karakter +, -, ",SPASI,.....,

dari logika dasar itu bisa tercipta banyak sekali variasi trik pencarian di google atau lebih di kenal dengan GHDB (google hacking database), silahkan kalau anda mau utak-atik sendiri bermain matematika dan logika, dan masih banyak lagi kode-kode untuk googling yang saya sendiri merasa njelimetsss... n pusing menghafalnya.,,Saya hanya akan menulis 4 point saja dengan 4 point ini saja saya sudah merasa cukup efektif yang sudah terbukti dan sering saya gunakan dan saya pikir secara umum berguna untuk efektifitas atau efisiensi pencarian ,terutama jika kita mau mencari suatu artikel dengan bahasa indonesia maka ini akan sangat membantu (hemat waktu hemat biaya tepat pada sasaran...)

inurl:

ketik di google , inurl:jeruk
maka si google akan menampilkan semua url yang mengandung kata jeruk, (ini yang saya pakai mencari nama url blog saya yang hampir lupa itu)

karakter "+"

ketik di google , +jeruk+jengkol+nanas+mangga
maka si google akan menampilkan artikel yang hanya memuat ke 4 kata tersebut, karakter "+" ini di baca sebagai "dan", maka karakter "+" ini boleh di pakai sebanyak mungkin.

filetype:
ketik di google, +tutorial+blog filetype:pdf (boleh pdf,html,doc,txt..terserah anda)
maka si google akan menampilkan semua artikel tentang "tutorial blog" dengan format file *.pdf .

karakter " (tanda petik 2)
ketik di google, "cewek cantikl"
maka si google akan menampilkan semua artikel yang ada di dalam tanda " (petik) tersebut.
------------------------------------------------------------------------------------------------
Tambahan info :
"spasi" = "or" di baca sebagai : "atau"

"-"(tanda min) = "not"di baca sebagai "tidak/kecuali"

"near" : mencari kata yang berdekatan dengan kata yang di cari , Contoh : jus near alpukat,

saya tidak membahas yang ini karena menurut pengalaman tidak semudah atau se-efektif dari 4 point yang saya bahas di atas, malah hanya akan membingungkan saja.

"ini hanya berlaku untuk search engine google"

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Free computer tutorials and music