Thursday, January 10, 2008

KONFIGURASI SYSTEM DAN KONEKSI INTERNET MANDRIVA


Oke, setelah pengenalan linux lalu cara isntalasi Mandriva , maka sekarang sebelum kita menggunakan Mandriva untuk bekerja kita akan memeriksa dan melakukan setting konfigurasi system Mandriva Linux ini supaya lebih maksimal kemampuan kerjanya untuk mendukung pekerjaan kita yaitu kita akan mengkonfigurasi :
Printer - Display Card - Sound Card - LAN Card - Modem - Dan Setting untuk koneksi ke Internet...

CATATAN PENTING UNTUK PENGGUNA PEMULA LINUX: "Konfigurasi hardware di Linux ini berbeda dengan di Microsoft Windows dalam hal penyediaan driver-driver hardware-nya, jika di Microsoft Windows driver-driver hardware-nya selain yang sudah ter-integrasi di System Windows juga di sertakan beserta hardware-nya biasanya dlm bentuk CD sewaktu kita membelinya misalnya Printer, AGP Card, Mainboard, dan cara instalasi-nya pun umumnya praktis dan mudah tinggal masukan CD ke CDROM lalu "setup" ..selesai!
Akan tetapi di Linux tidak begitu, masalah driver Hardware ini di integrasikan kedalam system Linux oleh Vendor Distro Linux, dan bila misalnya ada suatu Hardware yg tidak terdeteksi driver-nya oleh suatu Distro Linux yg di pakai (biasanya driver printer canon generasi baru oleh pengguna Distro versi lama /Mandriva 2007 ke-bawah, utk Mandriva 2008 saya blm mencoba), maka biasanya ini di atasi dg cara mencari dan men-downloadnya dari Internet lalu di install , dan cara instalasinya tidak se-praktis di Windows, ini akan kita bahas nanti, ...
Lalu terhadap masalah ini solusinya bagaimana?
SOLUSI PRAKTIS-NYA :
1. Update kepada Versi Linux terbaru ,untuk Mandriva tentu yg terbaru skrg Mandriva 2008
2.Ganti Hardware-nya dengan yg terdapat di dalam database Distro Linux yang di pakai .
Dan memang 2 hal di atas yang biasanya di lakukan oleh pengguna linux dari pada repot-repot cari driver di internet yang bisa memakan waktu juga biaya toh beli CD untuk versi update terbaru dari Linux yang di gunakan murah.
....Inilah salah satu alasan penting saya menggunakan mandriva karena menurut info yang saya dapat Mandriva Linux ini selain user friendly dan jenis Distro versi baru dan juga pengguna-nya terbanyak khususnya di Indonesia , yang artinya tentu ini menjadi pertimbangan pihak Vendor untuk lebih lengkap melakukan update-update driver yang ter-integrasi kedalam system. dan selama ini memang sejak awal keluarnya Mandriva ini selalu lebih cepat melakukan Update di banding Distro lain , ini fakta yang baik bukan jika kita menggunakan Mandriva?
PC Saya sendiri memiliki spesifikasi : Mainboard :ECS nForce3 + Processor AMD Sempron 2800+, Sound Card : Realtek AC979(onBoard), AGP Card: ATI RADEON 9200 128MB, LAN Card: NVIDIA nForce (onBoard), Modem ADSL D-Link , Printer HP 990c , semuanya itu terdeteksi dan ter-install drivernya oleh Mandriva 2005 yang saya gunakan sekarang. Spesifikasi PC saya itu termasuk spesifikasi lama keluaran sekitar tahun 2004 kecuali printer HP 990c sekitar tahun 2006, apalagi apalagi untuk yang lebih lama tentu terdeteksi drivernya oleh Mandriva ini ."

"Biasanya pengguna linux yang sudah lama atau mahir utk melakukan berbagai setting konfigurasi bahkan utk bekerja cenderung menggunakan modus text dengan perintah-perintah konsol-nya dengan alasan bekerja dg modus text dan konsol (console)lebih cepat dan efektif prosesnya, alasan ini ada benar-nya memang , tapi utk tahap-tahap awal artikel Linux saya sampai sa'at ini saya berusaha menggunakan modus-modus grafis dan menjauhkan perintah-perintah konsol, karena menurut pengalaman saya untuk pengguna pemula apalagi baru kenal linux, perintah konsol ini memberikan kesan sulit,rumit,njelimet terhadap linux jadi "down" duluan mentalnya sebelum mencoba.
Akan tetapi perintah konsol ini tetap sangat penting untuk di pelajari (pendapat pribadi saya) yaitu yaitu sehubungan dengan memberdayakan secara maksimal open source dari linux ini , hal ini akan kita bahas nanti..."

Berikut panduan setting konfigurasi perangkat keras di Mandriva, mungkin tampilan menu Mandriva anda berbahasa Indonesia atau English ini saya rasa tidak terlalu masalah misalnya Configuration=Konfigurasi , Configure your computer=Konfigurasi komputer anda, Printer=Pencetak ,..etc.., begitu juga Masalah versi Mandriva :2005,2006,2007,2008 .sama saja.


SETTING PRINTER - DISPLAY CARD - MONITOR

Sebelumnya cara yg mudahnya pasang dan hidupkan saja dulu power printernya, Lalu,
klik Menu --> System --> Configuration (konfigurasi )--> Configure your computer (konfigurasi komputer anda)--> , di sini kita akan di minta memasukan password root (yang telah di buat waktu instalasi) lalu akan masuk ke jendela Mandrakelinux control center (Mandriva Linux Control Center ) .Di Mandriva Linux Control Center inilah /kalau di Windows Control Panel tempat setting dan informasi dari hardware di PC anda jadi silahkan di utak-atik dan di pelajari.

Lalu klik sub menu "Hardware" -->Pada jendela ini akan tampak perangkat-perangkat yang bisa di konfigurasi : ada Printer, Monitor, Mengubah resolusi monitor, Scanner, dan untuk setting Display Card (AGP/VGA Card)klik ada icon "Look and configure the hardware (icon kaca pembesar)".
UNTUK PRINTER--> Klik icon "set up the printer " , pada tahap ini bila kita sama sekali belum pernah melakukan instalasi paket-paket printer maka kita akan di minta memasukan CD Mandriva yg berhubungan dg printer, --> tunggu beberapa saat system akan melakukan deteksi dan konfigurasi secara otomatis dan bila konfigurasi dapat menemukan driver yg cocok maka printer anda akan tampil beserta tipenya dan instalasi printer selesai , tapi jika driver tidak di temukan akan tampil jendela untuk anda memilih secara manulal driver printer anda sesuai merek , saya menggunakan Mandriva 2005 dan Printer HP Deskjet 990c bisa terdeteksi drivernya .

SETTING INTERNET DIAL-UP CONNECTION

Saya ambil contoh koneksi memakai telkomnet@instan dengan data :
· Nomor Telepon ISP : 080989999
· Username : telkomnet@instan
· Password : telkom
Lalu kita mulai dengan melakukan konfigurasi modem berlanjut ke proses koneksi.
1. Siapkan Modem dan pasang di CPU berikut koneksi telepon-nya , lalu nyalakan.
2. Klik -->Menu --> System--> Configure Your Computer.
3. Lalu muncul Jendela login sebagai root, dan masukan passwordnya, lalu Ok
4. Masuk pada jendela Mandriva Linux Control Center pilih Tab Network & Internet.
5. Klik icon Set Up new Network interface (LAN, ISDN,
ADSL..).
6. Pada jendela New Conection, karena kita akan akan
Analog Telephone Modem (paling bawah)--> Klik Next, pada tahap ini di lakukan deteksi modem anda.

7. Bila modem tidak terdeteksi gunakan pilihan Manual Choice,
6.masuk ke menu memilih ISP dari daftar yang ada, karena pada list tdk ada provider dari Indonesia pilih Unlisted-Edit Manualy kemudian lalu klik Next..
8. Isikan informasi dari ISP , telkomnet@instan yg kita pakai sbg contoh , spt di bawah ini:
- Conection Name : Telkom (bebas bisa pake nama apa saja
-Phone Number : 080989999
-Username : telkomnet@instan
-Password : telkom
-Autentication : PAP/CHAP
9. Klik Next, Untuk IP Parameter Pilih saja Otomatis, lalu klik Next
10. Parameter DNS dan Gateway pilih saja otomatis ,lalu klik Next.
11. Connection Control boleh di abaikan atau beri tanda centang
12. Allow User to Manage Connection /ijin penakai utk melakukan koneksi , terserah anda
13.Start the connection at Boot , terserah anda ,lalu klik next.
14. Abaikan saja pilihan untuk mengetes koneksi internet ,lalu klik Finish, dan restart PC anda. 15. Setelah restart kita coba melakukan koneksi Dial Up internet caranya klik-kanan icon
Network pada Taskbar lalu klik Connect ppp0,
16. Lalu klik tombol Connect Modem untuk melakukan Dial-Up, setelah
terkoneksi ,silahkan mulai browsing....
17. Untuk memutuskan koneksi ,klik tombol "Disconect"

NOTE: Bila anda bukan pengguna Dial-up, misalnya ADSL , pola instalnya sama saja , saya sendiri menggunakan ADSL tapi saya menulis koneksi Dial-Up ini karena saya pikir lebih banyak penggunanya tapi bila ada rekan-rekan yang punya masalah atau pertanyaan tentang jenis koneksi ini , silahkan tinggalkan pesan di area komentar posting ini ,nanti saya usahakan bantu, saya mau nulis tapi tangan saya dah capek nih nagantuk pula..mau ngopi dulu...!

NOTE-2: Ada yang ketinggalan di atas yaitu Sound Card dan LAN Card , jika kebetulan anda punya masalah or pertanya-an tentang konfigurasi hardware tsb tingggalkan komen aja ya...karena sepertinya masalah ini kompleks alias bisa beda-beda untuk tiap pengguna..

Salam ngeBlog!

11 comments:

  1. To:crescenet.
    Thank you very much for the visit with your very nice comment.
    And i was visiting your great web site, although i don't understand about the language of your articles but i realy enjoy there on your site....and where you from my friend?
    But ,you've just given me a good idea to getting better.
    And here I'll try to recomment on everyone who gave me a comment!.Please come again!

    Once again,thank you, and i will add you too on my link.
    Best regards from Indonesia.

    ReplyDelete
  2. ini nih sang master mulai ngeluarin taringnya..sukses selalu kawan :)

    ReplyDelete
  3. Sang Master mulai ke tingkat Profesor nich... he he, Saya pake modem Samsung N-510 punya Fren, di Windows pake standart modem 56 Kbps.... di Linux sama khan...

    ReplyDelete
  4. To : Oom dan Lilik.
    Kalian ini kalo komen bikin Monitorku kedip-kedip dan bikin bulu kuduk merinding , di bilang punya taring-lah aku, emang aku dracula tapi dracula lover...hehe jadi nggak ber-taring...dan namaku
    --------------------------------

    Maksud Lilik koneksi pake HP ya, ini agak beda dg di Windows Lik,simple-nya gini ada 2 cara wvdial dan kppp, dan yg paling banyak di pakai adalah kppp karena lebih user friendly (karena wvdial di setting dari konsol), emg sy ada rencana posting artikel tentang ini sekalian cara koneksi pakai ADSL untuk Mandriva(ada yg request) .tapi nih di bawah sekedar buat pandangan saya nemu tips di forum linux yg kebetulan memakai fren juga(aku blm pernah pake fren) tentang cara setting-nya , n kalo kamu dah pakai linux skrg silahkan coba dulu tips org ini(nggak tau siapa krn nggak cantumkan penulisnya), kalo ada masalah ya bisa komen lagi aja di sini :

    Cara konek pakai Kppp ke FREN.
    ===================================
    1.Jalankan Kppp dari Start menu.
    Untuk Mandriva/PCLinuxOS ada di Start -> Networking -> Remote access -> kppp
    2.Klik "Configure", maka akan keluar Jendela/GUI "KPPP Configuration - KPPP".
    3.Pada tab "Accounts", klik "New...", pilih "Manual Setup".
    3a.Isi "Conection name:" dengan FREN.
    3b.Pada "Phone number:", kamu Klik "Add.." untuk memasukkan nomer telpon, kamu isi #777 lalu Klik "OK".
    3c.Lalu klik "OK" untuk menutup Jendela/GUI "New Account - KPPP"

    4.Pada tab "Modems", klik "New...".
    4a.Pada "Modem name:", kamu isi Modem
    4b.Pada "Connection speed:", kamu ubah ke kecepatan Modemmu, kira kira 230400
    4c.Pada "Modem device:", kamu arahkan ke modem devicemu, misal /dev/ttyUSB0 untuk Modem HP Nokia.
    4d.kamu klik Tab "Modem".
    4e.Lalu kamu klik "Modem Commands..".
    4f.Pada "Initialization string 2:" kamu isi dengan:
    AT+crm=1;+cso=33
    4g.Kamu klik tombol "OK" untuk menutup jendela konfigurasi Modems Commands.
    4h.Setelah itu, klik "OK" untuk menutup Jendela/GUI "New Modem - KPPP"

    5.Pada tab "Misc", kamu kasih centang pada "dock into panel on connect" agar bisa di dock ke System tray.

    6.Sekarang tutup Jendela/GUI "KPPP Configuration - KPPP" dengan meng klik tombol "OK"

    7.Sekarang di Jendela/GUI KPPP akan ada "Connect to : FREN" dan "Use modem: Modem".
    8.Untuk melakukan koneksi, tinggal isi Login ID: dengan m8 dan Password: dengan m8. lalu Klik Connect.

    Semoga membantu....

    Salam ngeblog

    ReplyDelete
  5. Sippp...saya baru dapet monitor 17" untuk PII, langsung coba linux...

    ReplyDelete
  6. To: Vists Manager
    Semoga sukses!

    ReplyDelete
  7. nih otaknya manusia apa mesin ya..semua dikepalanya kayaknya code assembly semua..basicnya dah kuat sich :) selamat untuk PR 6/10 bagi dong, om masih 0/10 neh :))

    ReplyDelete
  8. Huehehehe...
    Suhu blog bisa aja, menghina apa menghibur nih, masalah PR mah nggak tau , urusan si dodol google ,aku cuma nulis artikel sambel pete + terasi.

    ReplyDelete
  9. kalau setting internet pake modem hp cdma zte c300 kartunya starone gimana ya pak?

    ReplyDelete
  10. saya udah coba cara itu , tapi yg muncul malag keterangan error pada pppd nya, mohon penerangan

    ReplyDelete
  11. mas untuk password query nya apa y?
    cz, q lp nc passwornya.

    ReplyDelete

Please leave your comments or your promotion links, but don't add HTML links into the comment body, because I consider it as a spam, and will be delete..

Thank you for your visit..